Kamis, 09 Mei 2013

Malam itu di Bara

             Bara , sudah pasti nama yang tidak  asing lagi di telinga para mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Setau aku Bara itu singkatan dari nama jalan "Babakan Raya". Jalan ini pasti selalu dilalui oleh para mahasiswa IPB tentunya. Mengapa ? Ya karena Bara tempat setiap mahasiswa IPB biasanya mencari makan atau sekedar membeli keperluan lainnya. Mungkin bisa dikatakan seperti pasar serba ada. Apalagi bagi kami mahasiswa yang jarang pergi-pergi jauh biasanya "Bara" menjadi tempat tujuan mulai dari kumpul bareng temen-temen kampus ataupun buat nge print dan nyari warnet. Hihihi ... Ya, begitulah menurut pemahamanku tentang nama jalan yang satu ini.
****
           Sampai pada suatu malam aku menyadari bahwa "Bara" ternyata meninggalkan banyak memori dalam ingatanku selama ini. Malam itu berjalan seperti biasanya, tidak ada yang berbeda ... hanya saja rutinitas yang kujalani saat itu berbeda sekali rasanya. Jikalau biasanya, rutinitas yang kujalani itu adalah kuliah , kemudian kumpul organisasi dan ngobrol bareng temen-temen sehingga harus pulang malam, kali ini rutinitas kujalani bukan dengan kuliah tetapi dari LSI nyari-nyari buku, iseng baca-baca, ketemu temen-temen seperjuangan, ngobrol,sharing dan pengalaman lainnya ya kurang lebihnya begitu kesemuanya aku jalani sendiri, kali ini kami harus berjalan masing-masing ... Maklum sekarang sudah Tingkat Akhir Rupanya #barunyadar. hihihi ....

            Walaupun rutinitas yang kujalani  berbeda, sejatinya ada persamaan yang kurasakan setiap melewati Bara dikala malam itu. Apakah persamaan itu ? Persamaan yang tidak pernah berubah sedari dulu yaitu pasti aku mengarungi malam itu sendiri, ya ... sendiri ... walaupun tidak selalu sendiri, tetapi banyak waktu yang kuhabiskan sendiri. Ya, mungkin sudah menjadi kebiasaanku sedari dulu apabila keluar dari Berlin untuk pulang, aku selalu memilih untuk berjalan sampai ujung jalan Bara ini, ya mungkin selain faktor angkot  yang suka nge tem juga jadi pertimbanganku, hihi tapi sebenarnya aku suka sekali suasana malam di Bara. Melihat hiruk Pikuk lalu lalang mahasiswa, melihat tenda-tenda makanan yang menjajakan makanannya yang beraneka ragam mulai dari pecel lele sampai Fried chicken juga ada disini, standar mahasiswa lah semuanya. hihi ...

           Malam itu, rasanya kok lain sekali ya ... sejujurnya aku sudah biasa berjalan sendiri , tetapi mengapa rasanya lain. Ada rasa hampa yang terselip dalam jiwa, sepi sekali ... Tampaknya aku mulai merasa hampa dalam keramaian. Ada rasa rindu terbesit dalam diri seketika melihat sekumpulan mahasiswa yang datang lalu lalang, seakan bercermin pada kisah masa lalu. Sesekali malam itu membawa anganku pergi ke masa lalu, saat pertama kali aku mengunjungi bara, bermain dengan teman-teman asrama ... makan bersama di sebuah kantin kecil kulihat diriku bercanda , bersenda gurau tertawa lepas dan gembira, sepanjang jalan aku mengingat mereka semua... Aku tersadar dalam lamunanku setelah itu aku pun seperti diingatkan dengan masa-masa kebersamaan bersama sahabatku di Salah satu Minimarket , aku memang menyempatkan belanja terlebih dahulu membeli keperluan yang didititipkan Ibu. Disana biasanya kami suka banget makan es krim , hihi sesekali melepas penat dan lelah atau memperbincangkan sesuatu ... senang sekali...

          Entah mengapa malam itu terasa lain ... sepertinya aku merindukan mereka, ya merindukan kebersamaan itu lagi. Walaupun sebenarnya aku yakin bahwa kebersamaan itu suatu saat nanti pasti akan tercipta kembali. Tetapi kali itu aku tersadar bahwa ... roda kehidupan akan terus berputar, tak terasa selama jalan tahun ke-empat di kampus ini banyak kenangan yang telah aku goreskan dalam jiwa. Dalam kesendirian aku merenung, lirih mengatakan ke dalam hati ,,,

"Wahai jiwa kutahu kau merasa sepi, bukankah kau selalu merasa seperti itu ? simpanlah kenangan itu ... walau mungkin hanya engkau yang mengingatnya , tetapi sesungguhnya jika kau mengingat semua itu hatimu akan sangat berwarna, terbang menembus waktu mengembalikan kenangan, biarkan sepi itu ada karena dari sanalah kamu akan merasakan rindu ... rindu yang hanya kamu saja yang mengetahuinya ... "

           Ya Roda kehidupan terus berputar menuju satu tujuan ... dalam mengarunginya ada kalanya kamu harus menjalaninya sendiri ...Ya , kamu harus siap ...
"Terimakasih kenangan"
angan
tempat
waktu

"Suatu saat nanti pasti kenangan itu terjadi kembali"
^_^


wink
BIG HUGS
QYQY
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar